Text
PERENCANAAN BANGUNAN ATAS JEMBATAN KALI JANGKOK DENGAN ALTERNATIF JEMBATAN KOMPOSIT BOX GIRDER BAJA-BETON
Dalam tugas akhir ini dilakukan alternative desain jembatan kali Jangkok dengan nomor jembatan A2.062.002.A.11 menggunakan struktur komposit, yaitu box girder baja dan pelat beton bertulang. Penggunan konstruksi ini agar mampu menahan lendutan, geser, dan torsi secara efektif dengan bentang jembatan 60 m.
Perencanaan jembatan ini dimulai dengan penjelasan mengenai latar belakang pemilihan tipe jembatan, perumusan tujuan perencanaan hingga lingkup pembahasan, dan diikuti dengan dasar-dasar perencanaan menggunakan RSNI T-02-2005, RSNI T-03-2005, dan AASHTO LRFD 2010. Dari data-data perencanaan kemudian dilakukan perencanaan struktur bangunan sekunder dan preliminary desain box girder baja. Pada tahap awal dilakukan analisa beban luar yang terjadi seperti berat sendiri, beban mati tambahan, beban lalu lintas, beban pejalan kaki, beban rem, beban angin dan beban gempa. Selanjutnya dilakukan control kekuatan dan kekakuan box girder terhadap momen, geser dan lendutan.
Beban luar yang diterima oleh box girder adalah 65.672 kN/m beban mati (MS), 8.91 kN/m beban mati tambahan (MA), 1419 kN beban lajur “D” (TD) tanpa factor beban dinamis (FBD), 1476 kN beban lajur “D” (TD) dengan factor beban dinamis (FBD), 3.30 kN/m beban merata pejalan kaki, 70.94 kN beban akibat gaya rem (TB), 1.165 kN/m beban angin (EW), 18.971 kN/m beban akibat gempa (EQ). Box girder baja terdiri atas 5 buah segmen dengan ketinggian konstan dan terdapat 4 titik sambung. Penghubung geser yang digunakan berupa konektor stud Ø22 x 150 mm sebanyak 4 x 208 stud per sayap atas box girder baja. Jenis perletakan pada tumpuan digunakan elastomer bearing tipe TBR2 dan seismic buffer tipe TBR1.
Kata kunci : struktur komposit, box girder baja, konektor stud, elastomer bearing, seismic buffer
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain