Tugas Akhir Sipil
ANALISIS PENGARUH KELOMPOK USIA DALAM PERILAKU BERKENDARA TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS DI KOTA MATARAM MENGGUNAKAN STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM)
Kecelakaan lalu lintas di Kota Mataram dalam tiga tahun terakhir terus meningkat. Kecelakaan lalu lintas tersebut didominasi oleh pengguna sepeda motor usia 16-40 tahun. Perbedaan usia dapat mempengaruhi perilaku seseorang dalam berkendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kelompok usia dalam perilaku berkendara pengendara sepeda motor terhadap pelanggaran lalu lintas dan terhadap kecelakaan lalu lintas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program AMOS v.24.0. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari tiga buah variabel laten, meliputi variabel perilaku dengan empat indikatornya yaitu A1=pengetahuan, A2=keterampilan, A3=emosi dan kondisi fisik, A4=kedisiplinan, variabel pelanggaran dengan tiga indikator yaitu B1=kelengkapan administrasi, B2=pelanggaran marka dan rambu, B3=menyalip kendaraan lain dari jalur sebelah kiri, dan variabel kecelakaan dengan 2 indikator yaitu C1=pelaku pelanggaran, C2=korban akibat pelanggaran. Pengelompokan tiga kategori usia (15-24 tahun, 25-44 tahun, dan 45-64 tahun) untuk mengukur indikator dengan skala likert menggunakan kuisioner kepada 600 responden di Kota Mataram. Hasil analisis menunjukkan bahwa perilaku berkendara kelompok usia 15-24 tahun, 2544 tahun, dan 45-64 tahun berpengaruh signifikan terhadap pelanggaran lalu lintas dengan nilai probabilitas < 0,05 dan Critical Ratio > 1,96. Besarnya pengaruh pada pengendara kelompok usia 25-44 tahun lebih kecil dari pengaruh kelompok usia 15-24 tahun sedemikian rupa pengaruh kelompok usia tersebut juga lebih kecil dari pengaruh kelompok usia 45-64 tahun. Pelanggaran lalu lintas memiliki hubungan yang lemah terhadap kecelakaan lalu lintas dengan nilai estimates < 0,5. Besarnya pengaruh pelanggaran pada pengendara kelompok usia 45-64 tahun lebih kecil dari pengaruh pengendara kelompok usia 15-24 tahun dan 25-44 tahun. Selain itu, hasil analisis juga menunjukkan terdapat perbedaan perilaku berkendaraan antara pengendara tiga kategori kelompok usia tersebut.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain