Tugas Akhir Elektro
RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK INTERAKTIF BAGI SISWA PRA-SEKOLAH
Media pembelajaran merupakan komponen komunikasi dalam menyampaikan suatu materi yang disampaikan komunikator (guru) pada komunikan (siswa) untuk dapat memberikan rangsangan yang sama dalam kegiatan belajar mengajar dalam mencapai tujuan pembelajaran. Multimedia interaktif memberikan kesempatan kepada siswa/anak didik untuk belajar tidak hanya dari satu sumber, tetapi memberikan kesempatan untuk dapat ikut berinteraksi langsung dengan media dalam mengembangkan kemampuan aspek kognitif maupun aspek yang lainnya yang lebih baik, kreatif, dan inovatif. Pada penelitian ini dilakukan perancangan dan pengembangan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash Professional CS6 dengan bahasa pemrograman ActionScript 3.0. Terdapat 11 materi tematik pada media ini serta fitur permainan puzzle dan soal kuis sebagai bahan evaluasi yang telah disesuaikan dengan kurikulum pembelajaran bagi anak usia prasekolah. Pada kuis tersebut diterapkan algoritma Fisher Yates Shuffle sebagai algoritma pengacak soal Dengan menggunakan algoritma Fisher Yates Shuffle pada seluruh soal kuis pada kesebelas tema tersebut dapat membantu anak didik lebih memahami materi dibandingkan menghafal materi karena tidak munculnya soal yang sama dan berulang dalam satu waktu saat melakukan evaluasi kuis.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain