Tugas Akhir Sipil
PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KECEPATAN, VOLUME DAN TUNDAAN LALU LINTAS PADA JARINGAN JALAN SEARAH DAN DUA ARAH TANPA MEDIAN
Di sepanjang ruas jalan Dr.Wahidin banyak terdapat pertokoan yang tidak memiliki lahan parkir yang cukup sehingga banyak kendaraan yang parkir di bahu jalan bahkan di badan jalan. Adanya pejalan kaki yang menyeberang jalan dan aktifitas kendaraan yang keluar/masuk jalan menyebabkan menurunnya kecepatan arus lalu lintas, dan kapasitas jalan sehingga pada jam-jam tertentu sering terjadi kemacetan. Adapun pada jalan Caturwarga terdapat sekolah, rumah sakit dan pertokoan yang tidak memiliki lahan parkir yang cukup, banyak kendaraan yang menurunkan dan menaikkan penumpang dan kendaraan yang keluar masuk sisi guna lahan jalan. Sehingga menyebabkan berkurangnya kecepatan pengendara. Penelitian ini menganalisa hambatan samping, volume, kecepatan, dan tundaan pada ruas jalan Caturwarga dan Dr.Wahidin. Total dari hambatan samping ini akan digunakan untuk menganalisis seberapa besar pengaruhnya terhadap volume, kecepatan dan tundaan pada ruas jalan yang diteliti dengan metode MKJI 1997. Hasil analisis pada jalan searah yaitu jalan Catur Warga memiliki hambatan samping, volume, kecepatan dan tundaan secara berturut-turut yaitu sebesar 790,7 kejadian/jam, 1533,75 smp/am, 46,08 km/jam, 16,63 det/smp. Sedangkan pada jalan dua arah yaitu jalan Dr.Wahidin memiliki hambatan samping, volume, kecepatan dan tundaan secara berturut-berturut sebesar 403,1 kejadian/jam, 1916,15 smp/jam, 38,58 km/jam, dan 17,00 det/smp. Dari hasil analisis regresi, hambatan samping berpengaruh sangat signifikan terhadap volume lalu lintas, kecepatan dan tundaan. Dapat dilihat dari (r) berada pada rentang 0,7 < r < 0,9 dimana angka tersebut menunjukkan pengaruh yang kuat dan 0,9 < r < 1 menunjukkan pengaruh yang sangat kuat. Hasil analisis regresi secara parsial menunjukkan pada jalan Catur Warga variabel hambatan samping yang paling berpengaruh terhadap volume yaitu Parkir dan Kendaraan Berhenti (PSV), sedangkan pada kecepatan dan tundaan yaitu Kendaraan Keluar/Masuk sisi guna lahan jalan (EEV). Pada jalan Dr.Wahidin variabel hambatan samping yang paling berpengaruh terhadap volume dan tundaan yaitu Pejalan Kaki (PED), sedangkan pada kecepatan yaitu Parkir dan Kendaraan Berhenti (PSV).
2019262 | 625.75.Dit.p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain