Tugas Akhir Elektro
PENERAPAN LOGIKA FUZZY METODE MAMDANI UNTUK NPC (NON PLAYER CHARACTER) MUSUH PADA GAME “TANK TEMPUR” BERBASIS ANDROID
Logika fuzzy merupakan bagian dari Artificial Intelligence (AI) yang dapat diterapkan untuk pengambilan keputusan perilaku komputer dalam game. Fuzzy logic metode yang baik untuk menyelesaikan kondisi yang tidak konsisten, sehingga NPC atau musuh memiliki beberapa alternatif keputusan yang sesuai dengan kondisinya yang berubah-ubah. Game tank tempur adalah sebuah game yang dibuat dengan mengimplementasikan logika fuzzy didalamnya. Tank tempur merupakan permainan perang tank antara dua atau lebih tank yang saling berlawanan. Penerapan Logika Fuzzy Mamdani dengan proses defuzzifikasi MOM (mean of maximum) pada permainan tank tempur sebagai kecerdasan buatan yang dimaksudkan agar tank NPC dapat menyerang lebih baik, yaitu dapat melakukan beberapa opsi keputusan seperti memutuskan terus menyerang, bertahan atau melarikan diri sesuai dengan beberapa kondisi dan pertimbangan yang diberikan. Game ini dibuat menggunakan software Godot sebagai game engine dalam pengkodean dan perancangan. Bahasa pemograman yang digunakan adalah bahasa pemrograman GDScript. Sehingga diperoleh hasil yang dapat di bandingkan dengan beberapa metode lain seperti metode Mamdani defuzzifikasi Centroid dan metode Tsukamoto diperoleh nilai rata – rata perbandingan sebesar 1.835 antara defuzzifikasi MOM dan Centroid dan 2.99 pada metode Tsukamoto. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan pengujian game menggunakan beberapa metode yang berbeda diperoleh hasil yang beragam terutama pada keadaan ketika angka output bernilai kabur pada keadaan escape-defend atau defend-attack. Ini membuat NPC memiliki perbedaan dalam pengambilan keputusan dengan input yang sama akan tetapi output yang dihasilkan berbeda pada tiap metode
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain