Journal
Campuran Daur Ulang Perkerasan Aspal - Peremaja Minyak Biji Jarak
Pelapisan ulang untuk mengatasi kerusakan pada konstruksi jalan raya memerlukan biaya yang cukup besar dan
menimbulkan problem-problem yang lain misalnya perubahan geometrik jalan dansemakin dieksploitasinya
sumber daya alam. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan
memanfaatkan kembali material perkerasan jalan melalui proses daur ulang.Agar dapat digunakan kembali,
aspalbekas yangtelah mengalami penurunan kualitas diremajakan denganminyak biji jarak.Pembuatan campuran
daur ulangdilakukan dengan penambahan bahan peremaja sebesar 0%, 5%, 10%, 15% dan 20%.Kinerja campuran
daur ulang ini diuji melalui sifat-sifat volumetrik, tegangan tarik tidak langsung, modulus kekakuandan ketangguhan
retak.Berdasarkan hasil penelitian,campuran yang paling optimum adalah penambahanminyak jarak sebesar 10% terhadap
aspal bekasyang mempunyai kadar 6%terhadap berat campuran beraspal. Nilai VMA sebesar 13,85% dan VFB 88,64%telah
memenuhi spesifikasi, namun nilai VIM sebesar 1,62% berada di bawah persyaratan.Nilai tegangan tarik tidak langsung,
modulus kekakuan dan ketangguhan retak pada campuran tersebut masing-masing sebesar0,56 MPa, 7083,51 MPa dan
176,34 MPa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain