Perpustakaan Fakultas Teknik

Universitas Mataram

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Tugas Akhir Elektro

Implementasi Bayesian Network sebagai Metode Pengambil Keputusan dalam Permainan Congklak Sasak (Ciwa)


Congklak Sasak (Ciwa) merupakan sebuah permainan tradisional masyarakat Sasak yang unik dan menarik. Tidak seperti congklak pada umumnya, Ciwa memiliki aturan permainan yang unik, karena pemain hanya akan menang apabila mampu menggerakkan kuda hingga menemukan kuda lawan atau mampu menghabiskan semua biji congklak yang tersedia di sisi lawannya. Cara bermainnya pun terbilang menarik. Dengan aturan peredaran batu yang hampir sama dengan permainan congklak pada umumnya, pemain Ciwa dihadapkan pada sebuah aturan permainan yang memiliki konsep probabilitas sehingga memungkinkan dibentuk pola permainannya dalam sistem komputer. Dengan menggunakan metode Bayesian Network, pola permainan pun dibentuk berdasarkan probabilitas sebuah lubang mampu menggerakkan batu dan atau menggerakkan kuda. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap permainan Ciwa di dunia nyata, didapat kondisi bahwa rata-rata pemain akan memainkan Ciwa dengan probabilitas menggerakkan kuda dan menembak sejumlah 62.1%, kemudian probabilitas menembak saja sebanyak 65.4%, lalu probabilitas menggerakkan kuda sebanyak 56.3% serta tidak menembak ataupun menggerakkan kuda sebanyak 22.2%. Dari hasil ini disimpulkan bahwa dalam permainan Ciwa hal yang sangat penting dilakukan untuk memenangkan permainan adalah dengan lebih banyak menembak batu pemain lawan. Berdasarkan kesimpulan tersebut, kemudian dibangunlah sebuah sistem kecerdasan buatan dengan fungsi intelegensia menggunakan Bayesian Network untuk menghasilkan sistem komputer yang mampu bermain Ciwa seperti manusia pada umumnya


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Mataram : Fakultas Teknik Unram., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Permainan Congklak Sasak
Congklak Sasak
Bayesian Network
Kecerdasan Buatan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Implementasi Bayesian Network sebagai Metode Pengambil Keputusan dalam Permainan Congklak Sasak (Ciwa)
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Teknik
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Ruang Baca Fakultas Teknik

Kami menyedian Buku ajar ilmu teknik dan Tugas Akhir mahaiswa Fakultas Teknik Universitas Mataram

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik