Perpustakaan Fakultas Teknik

Universitas Mataram

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Tugas Akhir Mesin

PENGARUH IGNITION TIMING DAN PUTARAN MESIN TERHADAP EMISI GAS BUANG MOTOR BENSIN 4 LANGKAH SATU SILINDER 100 CC BERBAHAN BAKAR ETANOL 96% DAN RASIO KOMPRESI 11:1

Muhammad Ulul Irfan - Nama Orang;

Exhaust emissions by motor vehicle is an pollution very harmful to the environment and to health. The availability of fossil fuels is also dwindling, so we need new alternatives to replace. Ethanol is an alternative that can be used. Ethanol can be obtained from the fermentation of agricultural products that contain carbohydrates. On this research aims to find the effect of variations in the ignition timing on fuel consumption and exhaust gas emissions (CO, HC, and CO2).
In this research, using a gasoline engine four stroke single cylinder Honda Astrea Legenda 100 cc by varying the ignition timing ( 15o , 20o and 25o ) and rotation engine (1500 , 2500 , 3500 , 4500 , and 6000 rpm ) at level transmission ( N , 1 , 2 , 3 , and 4 ) using fuel ethanol 96%.
The results of this research show in use of fuel ethanol 96 % at 20° before TDC ignition occurs reductions in fuel consumption and exhaust emissions such as CO , HC and increase the levels of CO2 emissions compared to other ignition. Fuel consumption value is lowest in the ignition 20º before TDC at the engine speed 1500 rpm at level 4 transmission that is 0.1 kg/hour, the lowest CO value is 0.17 % volume at 6000 rpm rotation with transmission at level 4, the lowest HC value is 57 , 67 ppm at 6000 rpm rotation with transmission at level 4 and the highest CO2 value is 13.86 % volume at 6000 rpm rotation with transmission level 4.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
363.739 2.Muh.p
Penerbit
Universitas Mataram : Fakultas Teknik Unram., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
363.739 2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Edisi 1 Jilid 1
Subjek
EMISI GAS BUANG
Ethanol 96 %
ignition timing
exhaust emissions
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Muhammad Ulul Irfan
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENGARUH IGNITION TIMING DAN PUTARAN MESIN TERHADAP EMISI GAS BUANG MOTOR BENSIN 4 LANGKAH SATU SILINDER 100 CC BERBAHAN BAKAR ETANOL 96% DAN RASIO KOMPRESI 11:1
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Teknik
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Ruang Baca Fakultas Teknik

Kami menyedian Buku ajar ilmu teknik dan Tugas Akhir mahaiswa Fakultas Teknik Universitas Mataram

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik