Tugas Akhir Sipil
ANALISIS PENGARUH DEBIT DAN KEDALAMAN ALIRAN TERHADAP POLA GERUSAN DI SEKITAR ABUTMEN DENGAN TIPE PONDASI YANG BERBEDA
Gerusan merupakan fenomena alam yang disebabkan oleh aliran air yang mengikis dasar saluran.Keberadaan jembatan pada badan sungai dapat mengganggu kestabilan sungai itu sendiri.Abutmen merupakan bangunan jembatan yang terletak di pinggir sungai, yang dapat mengakibatkan perubahan pola aliran.Bangunan seperti abutmen jembatan selain dapat merubah pola aliran juga dapat menimbulkan perubahan bentuk dasar saluran sepeti penggerusan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bentuk pondasi abutmen terhadap kedalaman gerusan yang terjadi di sekitar abutmen jembatan.Penelitian ini menggunakan skala laboratorium. Percobaan dilakukan dengan menggunakan satu debit dan tiga variasi kedalaman aliran. Sedangkan untuk model abutmen, digunakan tiga bentuk variasi.Abutmen yang memiliki gerusan paling dalam adalah abutmen kedua dan abutmen ketiga memiliki kedalaman gerusan terkecil.Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa abutmen dengan tipe pondasi ketiga merupakan abutmen yang terbaik karena memiliki kedalaman gerusan terkecil untuk tiap variasi kedalaman aliran dibandingkan dengan tipe abutmen pertama dan kedua.
Kata Kunci :Kedalaman Gerusan, Kedalaman Alirandan Bentuk Abutmen
1. PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Sungai memiliki peran yang penting bagi kehidupan manusia. Hal ini dapat kita lihat dari pemanfaatan sungai yang makin lama makin kompleks seiring dengan perkembangan jumlah penduduk yang berarti bertambah pula kebutuhan, mulai dari sarana transportasi, sumber air baku, sumber tenaga listrik dan sebagainya.
Sungai dapat mengalami perubahan morfologi pada bentuk tampang aliran yang disebabkan oleh faktor alam seperti tikungan dan faktor manusia seperti pembangunan bangunan air.Salah satu bangunan yang terdapat di sungai adalah jembatan yang merupakan sarana transportasi yang menghubungkan daerah yang terpisah oleh sungai.Jembatan umumnya terdiri dari dua bangunan penting, yaitu struktur bangunan atas dan struktur bangunan bawah (Halim, 2014).
Salah satu struktur utama bangunan bawah jembatan adalah
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain