Tugas Akhir Mesin
PEMBUATAN PERAHU NELAYAN DARI BAHAN KOMPOSIT SANDWICH
Di Indonesia pada umumnya sebagian besar perahu dibuat dari bahan kayu. Semakin
mahalnya dan terbatasnya kayu membuat perahu berbahan non-kayu terus
dikembangkan untuk menggantikan perahu kayu dengan mendapatkan performa daya
apung, kemampuan muat beban berat dan gaya belok atau manuver yang lebih baik.
Untuk mendapatkan performa itu maka dilakukan pembuatan perahu nelayan dengan
komposit sandwich dengan skin (kulit) dari polyester-fiberglass, anyaman strip bambu dan
dengan core berupa polyurethane rigid foam.
Prosedur penelitian diawali dengan metode deskriptif numerik. Metode ini digunakan
untuk mendapatkan informasi tentang gambaran desain dan konstruksi dari perahu yang
diteliti secara sistematis dan akurat, dari gambar desain tersebut kita dapatkan parameter -
parameter perahu. Sedangkan pengujian yang dilakukan yaitu berat perahu, batas beban berat
yang diijinkan, perahu saat terisi air penuh dan gaya belok atau manuver perahu nelayan.
Hasil dari pengujian perahu tersebut didapatkan kuat berat beban 2562 kg dan
daya apung yang tinggi saat terisi air penuh yang mencapai garis air 65 cm dari base
line, serta hasil manuver perahu dari kecepatan 2,4838 Knot (6,4 km/jam) dengan radius
belok 1,15 meter dari titik lintasan. Semakin tinggi kecepatan maka radius beloknya semakin
meningkat.
Kata kunci : komposit sandwich, polyurethane rigid foam, polyeseter-fiberglass,
core(inti), base line, pengujian manuver.
ABSTRACT
In Indonesia a general most boat made of by wood materials. Costly progressively
and the limited wood make boat by non wood materials continue to be developed to replace
wood boat by getting buoyancy performa, ability load heavy burden and its better style luff or
maneuver. So to get that performa hence making fisherman boat by compositely sandwich
with skin polyester-fiberglass, matting of strip bamboo and with core polyurthane rigid foam.
Research procedure early with descriptive method numerik. This method used to get
information about desain picture and construction of boat which research systematically and
accurate, than from desain picture we get boat parameter. While examination that is boat
weight, permitted heavy burden boundary, moment of boat loaded full water and style luff or
maneuver fisherman boat.
Result from examination of the boat by heavy burden is 2562 kg and high buoyancy
when the boat loaded full water and water line reaching 65 cm from base line and also result
of boat maneuver by speed 2,4838 Knot ( 6,4 km / hour) with radius luff 1,15 metre of
trajectory dot. when the speed of boat a mounting so that way radius luff of boat
progressively mounting also.
Keyword : composite sandwich, polyurethane rigid foam, polyeseter-fiberglass, core, base
line, examination of maneuver.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain