Journal
THE USE OF ANIMATION VIDEO IN IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY KNOWLEDGE: An Experimental Study at the Second
Skripsi ini berjudul “penggunaan video animasi dalam meningkatkan pengetahuan
kosa kata siswa: sebuah studi experimental pada siswa kelas dua SMP Negeri 2
Lingsar.” Penelitian ini berfokus pada mencari tahu apakah ada beberapa
perbedaan signifikan dalam peningkatan pengetahuan kosakata siswa dengan
menggunakan video animasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 310 dan 72
siswa diambil sampelnya. Jumlah sampel dibagi menjadi dua kelompok, yaitu
kelompok experiment dan kelompok control, masing-masing kelompok terdiri
dari 36 siswa. Penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling. Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah test tertulis. Dalam proses pengumpulan
data, data diambil dari pretest dan posttest.penelitian ini menggunakan formula ttest.
Kemudian, dari hasil penelitian menunjukan bahwa nilai t-test adalah 2.97
dan nilai t-table pada tingkat kepercayaan 0.05 (95%) adalah 1.99 sedangkan nilai
t-test pada tingkat kepercayaan 0.01 (99%) adalah 2.64. Nilai t-test lebih tinggi
dari t-table yang menunjukan bahwa menggunakan video animasi efektif dalam
mengajar kosakata bahasa inggris pada siswa kelas 2 SMPN 2 Lingsar 2016/2017.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain