Perpustakaan Fakultas Teknik

Universitas Mataram

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Journal

ANALISA NILAI WAKTU TUNGGU PENUMPANG KAPAL ( RO – RO ) PADA MODA TRANSPORTASI LAUT JALUR LEMBAR - PADANGBAI

FARIZAL AZHARI - Nama Orang;

Masalah kinerja pelayanan sering dijumpai dalam operasional pelabuhan, begitu juga halnya yang terjadi di Pelabuhan
Penyeberangan Lembar. Pengelolaan pelabuhan yang kurang efektif yang didukung faktor cuaca merupakan salah satu
penyebab rendahnya pelayanan. Terjadinya antrian kapal karena harus menunggu kapal yang belum selesai melakukan
aktivitas di dermaga adalah salah satu akibat dari kurang tepatnya manajemen pengoperasian pelabuhan. Dampak
selanjutnya adalah kerugian yang dialami calon penumpang karena nilai waktu yang terbuang ditinjau dari segi penghasilan,
tujuan perjalanan, moda perjalanan, periode waktu perjalanan, dan panjang rute perjalanan.
Studi ini dilakukan untuk mengetahui jumlah waktu tunggu dan nilai waktu tunggu penumpang kapal jalur Lembar menuju
Padangbai di Pelabuhan Lembar. Dari hasil survai dilapangan diketahui jumlah waktu tunggu responden berbeda-beda yang
disebabkan karena waktu kedatangan dari masing – masing responden berbeda. Untuk kategori penumpang atau
responden dengan kendaraan pengangkut barang memiliki jumlah waktu tunggu yang lebih lama dibandingkan penumpang
tanpa barang, hal ini terjadi karena kapasitas kapal yang terbatas sehingga menimbulkan antrian terhadap kendaraan
bermuatan barang.
Jumlah waktu tunggu penumpang rata – rata penumpang pelabuhan Lembar jalur Lembar menuju Padangbai pada Kmp.
Marina Segunda selama 2,16 jam. Sedangkan pada Kmp. Nusa Penida selama 1,74 jam, dan pada Kmp. Dharma Kosala
2,39 jam. Untuk penumpang tanpa barang rata – rata memiliki waktu tunggu yang sedikit, hal ini disebabkan karena sistem
pengaturan arus penumpang untuk jenis penumpang dengan kendaraan roda dua maupun pejalan kaki lebih diutamakan
dengan alasan kapasitas muatan kapal untuk kendaraan roda empat terbatas.
Besarnya nilai waktu tunggu dipengaruhi oleh besar kecilnya PDRB per kapita. Pada pelaksanaan survai diperoleh besarnya
nilai waktu tunggu penumpang rata – rata pada Kmp. Marina Segunda Rp. 31.556,83 per responden, sedangkan pada Kmp
Nusa Penida Rp. 21.835,54 per responden dan pada Kmp. Dharma Kosala Rp. 45.155,54 per responden.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
387.54.Far.a
Penerbit
UNRAM : Fakultas Teknik Unram., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
387.54 [23]
Tipe Isi
other
Tipe Media
other
Tipe Pembawa
other (computer)
Edisi
Edisi 1 Jilid 1
Subjek
Pengangkutan laut
Pelabuhan Lembar
Lembar
Padangbai
Nilai Waktu Tunggu
Metode Pendapatan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
AZHARI,FARIZAL
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • ANALISA NILAI WAKTU TUNGGU PENUMPANG KAPAL ( RO – RO ) PADA MODA TRANSPORTASI LAUT JALUR LEMBAR - PADANGBAI
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Teknik
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Ruang Baca Fakultas Teknik

Kami menyedian Buku ajar ilmu teknik dan Tugas Akhir mahaiswa Fakultas Teknik Universitas Mataram

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik