Text
UNJUK KERJA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH 1 SILINDER MENGGUNAKAN VARIASI CDI STANDAR DAN CDI BRT DENGAN DIAMETER KATUP INLET DAN EXHAUST DIPERBESAR
Sepeda motor merupakan alat transportasi darat yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain sebagai sarana angkutan, Sepeda motor juga digunakan sebagai alat perlombaan adu kecepatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar unjuk kerja motor bensin 4 langkah 1 silinder menggunakan variasi CDI dengan diameter katup inlet dan katup exhaust diperbesar pada sepeda motor Yamaha Jupiter Z 110 cc. Perubahan terhadap kedua diameter katup yang dilakukan yaitu katup inlet dengan Ø 24 mm di ubah menjadi Ø 28 mm dan katup exhaust dengan Ø 22 mm di ubah menjadi Ø 24 mm. Menggunakan putaran mesin 3000 rpm, 4000 rpm, 5000 rpm, 6000 rpm, 7000 rpm, 8000 rpm dan 9000 rpm. Berdasarkan hasil dan pembahasan dari penelitian, Torsi tertinggi dihasilkan pada mesin dengan katup diperbesar menggunakan CDI standar sebesar 12,84 N.m pada putaran mesin 10000 rpm menggunakan transmisi tiga. Daya efektif tertinggi dihasilkan pada mesin dengan katup diperbesar menggunakan CDI BRT sebesar 21,9 HP pada putaran mesin 13000 rpm menggunakan transmisi tiga. Konsumsi bahan bakar tertinggi dihasilkan pada mesin dengan katup diperbesar menggunakan CDI BRT sebesar 2,64 Kg/jam dan konsumsi bahan bakar terendah dihasilkan pada mesin dengan katup standar menggunakan CDI BRT sebesar 1,10 Kg/jam pada putaran mesin 8000 rpm. Penggunaan mesin dengan katup diperbesar terhadap unjuk kerja mesin diperoleh pada putaran tinggi.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain