Tugas Akhir Sipil
PENGARUH PERBEDAAN TYPIKAL U-TURN GANDA TERHADAP KINERJA JALAN BERDASARKAN MKJI 1997 DAN TEORI ANTRIAN
Mataram adalah kota dengan perkembangan pembangunan yang cukup tinggi, ditandai dengan meningkatnya volume kendaraan yang sering menyebabkan potensi kemacetan. Kondisi tersebut dapat menimbulkan gangguan keamanan, kenyamanan bagi pengendara arus kendaraan uturn dan lurus serta mempengaruhi kinerja lalu lintas pada jalan tersebut. Perlu dilakukan tinjauan terhadap typikal bukaan median untuk mengetahui kinerja ruas jalan pada u-turn ganda dengan median ruas jalan khususnya di ruas jalan Udayana Kota Mataram. Disamping itu untuk mengetahui perbedaan waktu putar kendaraan pada setiap typikal bukaan median pada ruas jalan tersebut serta untuk mengetahui panjang antrian u-turn ganda pada typikal median. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah perhitungan kinerja jalan perkotaan menggunakan MKJI 1997 serta perhitungan analisis antrian kendaraan menggunakan teori antrian. Data dari kedua lokasi typikal bukaan median yang terkumpul melalui survey lapangan kemudian dihitung derajat kejenuhan, tingkat pelayanan jalan, panjang antrian serta waktu putar kendaraan. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai derajat kejenuhan pada typikal bukaan median dengan pulau jalan sebesar 0,40 lebih besar 12,5 % dari typikal bukaan median tanpa pulau jalan (0,35). Tingkat pelayanan jalan pada kedua typikal bukaan median tergolong dalam kategori tingkat pelayanan jalan “B”. Waktu putar rata-rata pada tipikal bukaan median dengan pulau jalan sebesar 6,32 detik 2,01 % lebih cepat dibandingkan typikal bukaan median tanpa pulau jalan (6,45 detik). Panjang antrian rata-rata tertinggi terjadi pada tipikal bukaan median dengan pulau jalan yang memutar kearah Islamic Center yaitu sebesar 18,048 m/jam.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain