Perpustakaan Fakultas Teknik

Universitas Mataram

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH PERBEDAAN TYPIKAL U-TURN GANDA TERHADAP KINERJA JALAN BERDASARKAN MKJI 1997 DAN TEORI ANTRIAN

Tugas Akhir Sipil

PENGARUH PERBEDAAN TYPIKAL U-TURN GANDA TERHADAP KINERJA JALAN BERDASARKAN MKJI 1997 DAN TEORI ANTRIAN

Baiq Shakila Bayani Audar - Nama Orang;

Mataram adalah kota dengan perkembangan pembangunan yang cukup tinggi, ditandai dengan meningkatnya volume kendaraan yang sering menyebabkan potensi kemacetan. Kondisi tersebut dapat menimbulkan gangguan keamanan, kenyamanan bagi pengendara arus kendaraan uturn dan lurus serta mempengaruhi kinerja lalu lintas pada jalan tersebut. Perlu dilakukan tinjauan terhadap typikal bukaan median untuk mengetahui kinerja ruas jalan pada u-turn ganda dengan median ruas jalan khususnya di ruas jalan Udayana Kota Mataram. Disamping itu untuk mengetahui perbedaan waktu putar kendaraan pada setiap typikal bukaan median pada ruas jalan tersebut serta untuk mengetahui panjang antrian u-turn ganda pada typikal median. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah perhitungan kinerja jalan perkotaan menggunakan MKJI 1997 serta perhitungan analisis antrian kendaraan menggunakan teori antrian. Data dari kedua lokasi typikal bukaan median yang terkumpul melalui survey lapangan kemudian dihitung derajat kejenuhan, tingkat pelayanan jalan, panjang antrian serta waktu putar kendaraan. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai derajat kejenuhan pada typikal bukaan median dengan pulau jalan sebesar 0,40 lebih besar 12,5 % dari typikal bukaan median tanpa pulau jalan (0,35). Tingkat pelayanan jalan pada kedua typikal bukaan median tergolong dalam kategori tingkat pelayanan jalan “B”. Waktu putar rata-rata pada tipikal bukaan median dengan pulau jalan sebesar 6,32 detik 2,01 % lebih cepat dibandingkan typikal bukaan median tanpa pulau jalan (6,45 detik). Panjang antrian rata-rata tertinggi terjadi pada tipikal bukaan median dengan pulau jalan yang memutar kearah Islamic Center yaitu sebesar 18,048 m/jam.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
625.07 [21]Bai.p
Penerbit
UNRAM : Fakultas Teknik Unram., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
625.07 [21]
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Edisi 1 Jilid 1
Subjek
Jalan Raya
Bukaan median
Tingkat pelayanan
Waktu putar
Antrian kendaraan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Baiq Shakila Bayani Audar
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENGARUH PERBEDAAN TYPIKAL U-TURN GANDA TERHADAP KINERJA JALAN BERDASARKAN MKJI 1997 DAN TEORI ANTRIAN
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Teknik
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Ruang Baca Fakultas Teknik

Kami menyedian Buku ajar ilmu teknik dan Tugas Akhir mahaiswa Fakultas Teknik Universitas Mataram

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik