Tugas Akhir Sipil
PENANGANAN KERUSAKAN PERKERASAN JALAN MENGGUNAKAN MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2017 ( MDP 2017)
Kerusakan jalan merupakan salah satu faktor penyebab kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu perlu dilakukan penanganan kerusakan agar jalan tetap berfungsi secara aman, nyaman dan ekonomis. Ruas jalan Midang – Meninting adalah salah satu ruas jalan yang mengalami kerusakan sehingga mengganggu dan menimbulkan masalah bagi lalu lintas dan pengguna jalan. Tujuan penanganan kerusakan jalan untuk mengetahui prosedur desaian penanganan.
Dalam penelitian ini penanganan kerusakan perkerasan jalan menggunakan Manual Desain Perkerasan Jalan 2017. Data kerusakan jalan di analisa menggunakan Bina marga 1990 dan penentuan nilai CBR dihitung menggunakan test DCP. Untuk analisa perhitungan overlay menggunakan Analisa Komponen 1987 dan Bina Marga 2005.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan didapat total angka kerusakan perkerasan jalan yaitu 21 dan termasuk dalam urutan prioritas ≥ 7 dengan program pemeliharaan rutin. Untuk nilai CBR dan DDT dari test DCP didapat nilai CBR 5.25% dan DDT 4.796. Untuk penanganan kerusakan sebelum overlay pedoman mengacu pada Perbaikan Standart bina Marga 1995. Hasil perhitungan tebal lapis tambah (overlay) menurut Analisa Komponen adalah 8.50 cm, menurut Bina marga 2005 adalah 5.60 cm, dan menurut Bina Marga 2017 berdasarkan lendutan maksimum adalah 13.00 cm dan berdasarkan lengkung lendutan serta untuk mencegah retak lelah adalah 6.00 cm overlay tipis dan 10.00 cm overlay tebal. Dengan mempertimbangkan keekonomian dan jumlah lalu lintas, desain overlay tebal 10.00 cm dengan bahan perkerasan AC BC normal atau AC BC modifikas yang disetujui dipakai sebagai solusi overlay.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain