Tugas Akhir Sipil
PENGARUH PENGGUNAAN PLASTIK LLDPE (LOW LINIEAR DENSITY POLY ETHYLENE) TERHADAP KINERJA CAMPURAN ASPHALT CONCRETE-WEARING COURSE
Aspal sebagai material perekat perkerasan jalan sering kali ditemukan tidak memenuhi spesifikasi, akibatnya jalan dengan lalu lintas berat mudah retak saat suhu rendah, dan terjadi deformasi plastis saat suhu tinggi. Dengan kondisi iklim Indonesia yang tropis, diperlukan bahan perkat/pengikat yang bersifat keras dan titik lembek yang tinggi. Untuk mengatasi rendahnya mutu aspal, dibutuhkan suatu bahan tambah atau additive. Pemberian bahan tambah diharapkan dapat memperbaiki sifat fisik aspal sehingga dapat meningkatkan kinerja campuran. Salah satu bahan tambah yang dapat digunakan untuk memodifikasi aspal adalah plastik LLDPE (Low Liniear Density Polyethylene). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penambahan plastik LLDPE (Low Liniear Density Polyethylene) terhadap kinerja campuran Asphalt Concrete-Wearing Course. Metode yang digunakan yaitu eksperimen, dimana dibuat 15 benda uji menggunakan aspal pen 60/70 untuk menentukan kadar aspal optimum (KAO), diperoleh KAO sebesar 6%. Pembuatan benda uji berdasarkan KAO dengan aspal modifikasi LLDPE menggunakan variasi kadar LLDPE 1%, 1,5%, 2% dan 2,5%. Analisa data dilakukan dari hasil pemeriksaan volumetrik yang meliputi VIM, VMA dan VFB, serta pengujian marshall untuk mendapatkan data stabilitas dan flow.Hasil pengujian volumetrik dan marshall menunjukkan bahwa nilai VIM, VMA, stabilitas dan flow meningkat, sedangkan nilai VFB dan MQ menurun. Perubahan nilai tersebut masih memenuhi spesifikasi Bina Marga, sehingga perlu dilakukan pengujian marshall immersion. Indeks kekuatan sisa terbesar dihasilkan dari campuran dengan aspal modifikasi LLDPE 1,5% dengan nilai stabilitas sisa sebesar 2132,74 kg.
2018129 | 625.85.Hal.p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain