Tugas Akhir Sipil
ANALISIS PENGARUH PERBEDAAN JARAK JALAN AKSES DENGAN U-TURN TERHADAP TINGKAT PELANGGARAN LALU LINTAS (Studi Kasus : Jalan Gajah Mada, Kota Mataram)
Salah satu usaha manajemen lalu lintas yang bertujuan meminimalkan permasalahan lalu lintas yaitu dengan pembuatan median dengan fasilitas u-turn. Pada beberapa ruas jalan ditemui kondisi dimana terdapat jalan akses yang berada pada kawasan u-turn, salah satunya di Jl. Gajah Mada Kota Mataram. Kondisi itu berpotensi menimbulkan konflik antar pengendara yang berada pada jalan utama dengan kendaraan yang keluar dari jalan akses serta dapat mempengaruhi kinerja lalu lintas pada jalan tersebut. Perlu dilakukan tinjauan terhadap pengaruh perbedaan jarak jalan akses dengan u-turn. Lokasi penelitian pada studi ini adalah 3 lokasi dengan pertimbangan perbedaan jarak jalan akses dengan u-turn Metodologi penelitian yang digunakan yaitu dengan survey counting volume kendaraan, waktu tempuh kendaraan, hambatan samping dan waktu putar balik kendaraan pada u-turn. Analisis yang digunakan untuk analisis kinerja jalan perkotaan kondisi eksisting dan kondisi skenario menggunakan PKJI 2014 serta analisis regresi menggunakan bantuan software SPSS 16.0. Hasil analisis menunjukkan semakin jauh jarak jalan akses dengan u-turn maka semakin sedikit volume kendaraan yang melakukan pelanggaran dan semakin baik kinerja jalannya. Upaya mengatasi permasalahan dengan menerapkan kondisi skenario hanya mampu mengurangi volume pelanggaran, namun tidak mampu meningkatkan kinerja ruas jalan. Volume pelanggaran dan kendaraan keluar/masuk samping jalan berpengaruh sebesar 100% terhadap jarak jalan akses dengan u-turn.
2018146 | 388.641.Riz.a | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain