Tugas Akhir Sipil
EVALUASI KAPASITAS RUAS JALAN (STUDI KASUS RUAS JALAN LINGKAR SELATAN DAN RUAS JALAN MATARAM-BIL) TESIS
Ruas Jalan Lingkar Selatan dan ruas Jalan Mataram - BIL sebagai jalan nasional harus dievaluasi untuk dapat dinilai karakteristiknya. Untuk mengevaluasi ruas jalan yang diteliti yaitu ruas Jalan Lingkar Selatan dan ruas Jalan Mataram - BIL maka terlebih dahulu harus menentukan kapasitas ruas jalan. Untuk penentuan kapasistas ruas jalan dapat dihitung dengan menggunakan MKJI 1997 dan metode analisa perilaku karakteristik arus lalu lintas seperti volume (flow), kecepatan (speed) dan kepadatan (density), atau dengan menggunakan model Greenshields, Greenberg, dan Underwood yang kemudian dibandingkan dengan kapasitas menggunakan metode MKJI 1997. Kapasitas dengan menggunakan pemodelan Greenshields, Greenberg, dan Underwood didapat dengan terlebih dahulu mencari hubungan matematis antara parameter Volume-Kecepatan-Kepadatan dan koefisien determinasi (R2) yang tertinggi untuk tiga hari survei. Pada ruas Jalan Lingkar Selatan tinjauan arus arah Barat – Timur, model Underwood yang dapat dikatakan paling sesuai dibandingkan model Greenshields dan Greenberg, dengan nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,907. Pada ruas Jalan Lingkar Selatan tinjauan arus arah Timur - Barat, model Greenberg yang dapat dikatakan paling sesuai dibandingkan model Greenshields dan Underwood, dengan nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,931. Untuk ruas Jalan Mataram – BIL pada kedua arah tinjauan arus, model Underwood yang dapat dikatakan paling sesuai dibandingkan model Greenshields dan Greenberg, dengan nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,400 dan 0,448. Perhitungan kapasitas ruas jalan (C) dengan menggunakan metode MKJI 1997 didapatkan hasil sebagai berikut: kapasitas ruas jalan Lingkar Selatan sebesar 1650 smp/jam dan kapasitas ruas jalan Mataram – BIL sebesar 2300 smp/jam.
2019269 | 625.7.Yul.e | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain