Tugas Akhir Sipil
PERANCANGAN ULANG JEMBATAN SOKONG DENGAN MENGGUNAKAN PRECAST CONCRETE U GIRDER (PC-U GIRDER)
Jembatan Sokong merupakan jembatan penghubung dari arah Mataram menuju
arah Tanjung yang berada di Desa Sokong, Tanjung, Lombok Utara. Jembatan ini memiliki
bentang yang terbagi menjadi dua yaitu 30 m dan 30 m serta memiliki satu buah pilar,
jembatan ini menggunakan konstruksi precast concrete I girder. Dalam tugas akhir ini
dilakukan perencanaan jembatan Kesejahteraan dengan bentang sederhana yang terbagi
menjadi dua yaitu 30 m dan 30 m dan memiliki satu pilar. Tipe konstruksi yang digunakan
adalah precast concrete U girder dan sistem prategang yang digunakan adalah sistem
posttension. Tujuan penggunaan konstruksi ini agar mampu menahan lendutan, geser dan
torsi secara lebih efektif.
Perencanaan jembatan ini dimulai dengan pengumpulan data-data yang diperlukan
seperti panjang dan lebar jembatan, lebar jalan dan trotoar, data tanah dan lain-lain. Dari
data-data perencanaan kemudian dilakukan preliminary design penampang dan
perhitungan pembebanan. Girder yang didesain yaitu standar Precast Concrete U Girder
(PC-U Girder) berdasarkan bridge product dari PT. Wika Beton. Pada tahap awal
perencanaan dilakukan analisa beban yang terjadi, antara lain analisa berat sendiri, analisa
beban mati sendiri, analisa beban mati tambahan, analisa beban lalu lintas, gaya rem, beban
gempa, beban angin, pengaruh temperature, pengaruh susut dan rangkak, dan analisa
kehilangan prategang yang terjadi. Selanjutnya dilakukan kontrol tegangan, lendutan, dan
momen, kemudian perhitungan penulangan U girder dan blok ujung. Setelah perhitungan
struktur atas diakukan, tahap selanjutnya perhitungan bangunan bawah yang terdiri dari
abutment, pilar dan pondasi.
Hasil analisis untuk bentang jembatan 30 m didapatkan tinggi PC-U girder yang
digunakan adalah 1,65 m dengan memiliki 3 tendon berpasangan yang terdiri dari 12
strands pada setiap tendon. Diameter strands 15,7 mm dan diameter duct 80 mm. Dimensi
bangunan bawah digunakan abutment dengan tinggi 8,3 m dengan lebar pile cap 5.5 m dan
pilar dengan tinggi 6.3 m dengan lebar pile cap 5.5 m. Untuk pondasi abutment digunakan
tiang pancang baja dengan diameter tiang 0,5 m sebanyak 12 buah dan pondasi pilar
digunakan tiang pancang baja dengan diameter tiang 0,5 m sebanyak 18 buah.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain