Tugas Akhir Sipil
PERBEDAAN KARAKTERISTIK PENGGUNA PERJALANAN DENGAN OJEK ONLINE DAN OJEK KONVENSIONAL DI KOTAMATARAM PADA MASA PANDEMIK
Aspek operasional ojek online dan ojek konvensional harus direncanakan dengan
baik agar bisa menjalankan fungsinya sebagai angkutan kota modern secara ekonomis, efisien
dan efektif. Untuk itu dibutuhkan data karakteristik perjalanan berupa maksud perjalanan,
moda sebelum beralih ke moda tinjauan, jarak hubung ke pangkalan dan dari pemberhentian
ke tujuan. Pada masa pandemik ini, terdapat perbedaan karakteristik perjalanan dengan ojek
online dan ojek konvensional dalam memberikan pelayanan yang sesuai protokol kesehatan.
Dengan melakukan penelitian survei yang berdasarkan tingkat eksplanasinya adalah
penelitian deskriptif, untuk mendapatkan data karakteristik peneliti menyebarkan kuisoner
kepada 400 pengguna ojek online dan 400 responden pengguna ojek konvensional. Dengan
menggunakan rumus perhitungan jumlah sampel dari Slovin dan tingkat kepercayaan 95%,
maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 400 responden.
Diantara karakteristik yang ditinjau, terdapat beberapa karakteristik yang
menunjukkan adanya perbedaan antara perjalanan dengan ojek online dan ojek konvensional.
Untuk maksud perjalanan, pengguna ojek online lebih didominasi oleh perjalanan bekerja
sementara ojek konvensional lebih didominasi oleh perjalanan belanja. Sedangkan untuk
pekerjaan pengguna ojek online lebih didominasi oleh karyawan dan untuk ojek konvensional
lebih didominasi oleh wiraswasta dan ibu rumah tangga. Jarak hubung ke pangkalan
didominasi oleh jarak 0 – 1 km untuk ojek konvensional, untuk ojek online cenderung tidak
memeiliki jarak hubung ke pangkalan karena menerapkan sistem jemput di tempat (direct
pickup) .
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain