Perpustakaan Fakultas Teknik

Universitas Mataram

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Tugas Akhir Sipil

EVALUASI KESESUAIAN JARAK PANDANG HENTI MINIMUM YANG DISYARATKAN DENGAN JARAK PANDANG HENTI TERSEDIA PADA RUAS JALAN MATARAM-TANJUNG

DWI PUTRA ANDIKA DZULHIDAYATULLAH - Nama Orang;

Ruas jalan Mataram-Tanjung merupakan ruas jalan yang memiliki kesibukan lalu lintas yang
cukup tinggi dan merupakan ruas jalan yang menghubungkan Kota Mataram dan Kabupaten Lombok
Utara. Secara visual terdapat beberapa tikungan yang memiliki jarak pandang henti yang minim pada
ruas jalan Mataram-Tanjung. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis jarak pandang henti pada
tikungan ruas jalan Mataram-Tanjung.
Pada penelitian ini jarak pandang henti dihitung berdasarkan kecepatan di lapangan dan
kecepatan rencana dengan menggunakan data primer yang terdiri dari waktu tempuh kendaraan, data
kondisi tikungan, jarak pandang henti tersedia di lapangan, dan data sekunder yaitu klasifikasi ruas jalan
Mataram-Tanjung. Defisiensi dihitung antara jarak pandang henti minimum baik berdasarkan kecepatan
rencana maupun kecepatan di lapangan dengan jarak pandang henti tersedia.
Berdasarkan hasil analisis, Terdapat 4 (empat) tikungan dengan jarak pandang henti tidak
memenuhi syarat berdasarkan kecepatan di lapangan, yaitu tikungan 1, 2, 3 dan 4 dengan semua
terletak pada segmen lengkung tikungan. Sedangkan berdasarkan kecepatan rencana kelima tikungan
memiliki jarak pandang henti yang tidak terpenuhi dan semua terletak pada segmen lengkung dan
sebagian pada segmen 25 meter sebelum tikungan. Persentase defisiensi tertinggi terletak pada
tikungan 4 atau Tikungan Pusuk, yang terletak pada segmen lengkung tikungan baik dari arah Mataram
maupun Tanjung. Faktor yang mempengaruhi nilai jarak pandang henti adalah kecepatan kendaraan
dan kondisi medan pada tikungan. Solusi untuk memenuhi jarak pandang henti dengan cara memasang
rambu batas kecepatan, menambah kebebasan samping, membersihkan area dalam tikungan dari
objek penghalang dan memasang cermin tikungan.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
625.7.Dwi.e
Penerbit
Universitas Mataram : Fakultas Teknik Unram., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
625.7
Tipe Isi
other
Tipe Media
computer
Tipe Pembawa
audio disc
Edisi
Edisi 1 Jilid 1
Subjek
Pembangunan jalan
defisiensi, jarak pandang henti, tikungan
Info Detail Spesifik
JARAK PANDANG HENTI MINIMUM YANG DISYARATKAN DENGAN JARAK PANDANG HENTI TERSEDIA PADA RUAS JALAN MATARAM-TANJUNG
Pernyataan Tanggungjawab
DWI PUTRA ANDIKA DZULHIDAYATULLAH
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Teknik
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Ruang Baca Fakultas Teknik

Kami menyedian Buku ajar ilmu teknik dan Tugas Akhir mahaiswa Fakultas Teknik Universitas Mataram

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik